Berdandan memang suatu keharusan bagi kaum wanita, dan juga tidak bisa lepas dari muslimah, sudah melekat bagaikan nasi kucing tanpa karet AMBYARR, namun taukah hal-hal yang sepele dan sering banget dilkakukan bahkan sebagian orang tidak bisa lepas ternyata diharamkan menurut islam.

Dandan memang sangat identik dan tak pernah lepas dengan wanita. Tabiatnya memang hampir semua wanita di dunia ini ingin selalu tampil cantik, baik di hadapan suami ataupun orang lain.Namun, tidak semua dandanan dan hiasan bagi suami itu halal, ada dandan yang haram dan bertentangan dengan Islam. Misalnya mengikuti cara berdandan orang kafir (tabarruj).

Wanita muslimah yang menghormati dan menghargai dirinya sendiri pasti takkan sudi menyerupai wanita-wanita kafir dan fasik. Dia akan konsisten menjaga agama dan dirinya yang telah dimuliakan oleh Islam. Wanita muslimah wajahnya akan terlihat bersinar dengan air wudhu yang digunakannya untuk beribadah.

Oleh karena itu, dia akan memilih dandanan dengan hiasan yang dibolehkan dan sesuai dengan sosoknya sebagai seorang muslimah, sebagaimana dikutip dari ruangmuslimah.com Berikut beberapa cara berdandan yang haram bagi wanita muslimah:

1. Berlebih-lebih
Berlebihan dalam berhias dengan menghabiskan waktu yang cukup lama dan uang yang tidak sedikit untuk mencari kosmetik, pakaian, serta ornamen hiasan terbaru yang diluncurkan ke pasaran. “Sesungguhnya pemborosan itu adalah saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya,” (QS. Al-Israa ayat 27).

2. Menghabiskan Waktu
Menghabiskan banyak waktu di depan cermin guna memoleskan berbagai macam kosmetik. Sebab segala sesuatu yang berlebihan dan melampaui batas, akan menjadikan hal yang negatif.

3. Meniru orang kafir
Membuat tato, mencabut bulu alis, merenggangkan gigi. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat wanita yang membuat tato dan meminta ditato, yang mencabut bulu alis dan meminta dicabut, yang merenggangkan gigi dan memperindahnya, serta wanita-wanita yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Al-Jami ash-Shaghir).

4. Menyambung rambut.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan meminta disambungkan rambutnya.” (HR. Al-Jami’ ash-Shaghir).

5. Menyerupai laki-laki.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Al-Jami ash-Shaghir).

6. Membuka aurat
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Laki-laki tidak BOLEH melihat aurat laki-laki lain, dan wanita tidak BOLEH melihat aurat wanita yang lain,” (HR. Muslim).

7. Mengenakan wewangian bukan untuk suaminya (ketika keluar rumah).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap wanita yang menggunakan wewangian, kemudian ia keluar dan melewati sekelompok manusia agar mereka dapat mencium bau harumnya, maka ia adalah seorang pezina, dan setiap mata itu adalah pezina.” (Riwayat Ahmad, an-Nasa’i, dan al-Hakim dari jalan Abu Musa al-Asy‘ari radhiyallahu ‘anhu)

Demikianlah, semoga menjadi pengingat para wanita khususnya muslimah, cantiknya kita hanya boleh dinikmati suami saja. Ingat itu yaa…

sumber : mutiarahikmah.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here